teks cerita sejarah
teks cerita sejarah

Mengungkap Masa Lalu Melalui Cerita Sejarah

Posted on

Mengungkap Masa Lalu Melalui Cerita Sejarah – Pernahkah Anda membaca novel yang berlatar belakang sejarah ? misalnya, Novel sejarah yang berlatar belakang sejarah Kerajaan Majapahit berjudul Kemelud Majapahit  karya S.H. Mintardja. Nah kali ini kita akan membahas nih apa saja sih yang terdapat dalam Teks Cerita Sejarah Berikut penjelasannya.

Contoh novel kemelut majapahit

Menelaah Informasi Dan Unsur Teks Cerita Sejarah

      Tahukah Anda tentang teks cerita sejarah ? Teks Cerita sejarah atau novel sejarah merupakan teks yang menceritakan suatu peristiwa sejarah yang terjadi di masa lampau dan berdasarkan fakta. Peristiwa sejarah tersebut disusun secara kronologis berdasarkan urutan waktu terjadinya dan peristiwa tersebut memiliki makna penting bagi kehidupan masyarakat. Saat membaca teks cerita sejarah,Maka Anda perlu memahami informasi dalam teks tersebut.

      Selain itu, setiap karya sastra mempunyai dua unsur utama. Pertama, Unsur intrinsik yaitu hal-hal yang membangun karya sastra itu dari dalam. Kedua ,Unsur ekstrinsik, yaitu hal-hal yang mempengaruhi karya sastra yang berasal dari luar. Unsur ekstrinsik novel sejarah sebagai berikut.

1.Unsur intrinsik

Berikut beberapa bagian dari unsur intrinsik yaitu sebagai berikut.

1. Tema

Tema adalah suatu gagasan pokok atau ide pikiran mengenai suatu hal, salah satunya dalam penyusunan teks cerita.

2.Tokoh dan Perwatakan

Tokoh adalah istilah yang merujuk pada si pelaku atau pada orangnya, sedangkan watak, perwatakan, karakter menunjukan pada sifat dan sikap dari seorang tokoh. Penokohan karakter dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu penokohan langsung dan penokohan tidak langsung. Penokohan langsung yaitu penokohan yang pengarangnya menyebutkan secara langsung sifat tokoh. Penokohan tidak langsung yaitu penokohan yang pengarangnya tidak menyebutkan secara langsung sifat si tokoh.

3.Latar

Latar dalam suatu cerita dapat dibedakan ke dalam tiga jenis .

  1. Latar waktu
  2. Latar tempat
  3. Latar suasana

4.Alur

Alur adalah urutan peristiwa yang berdasarkan pada hukum sebab akibat.

5.Amanat

Amanat adalah pesan yang ingin disampaikan pengarang melalui novel yang ditulisnya.

6.Sudut pandang

Sudut pandang adalah cara pandang pengarang dalam cerita novel.

2.Unsur Ekstrinsik

        Unsur ekstrinsik pada cerita sejarah yang secara umum sering dimunculkan dalam karya sastra terbentuk teks cerita sejarah, seperti nilai-nilai pendidikan, nilai politik, nilai patriotik, dan nilai moral.

Mengidentifikasi Struktur Teks Cerita Sejarah

Seperti teks cerita novel lainnya, cerita/novel sejarah juga mempunyai struktur yang terdiri atas bagian-bagian berikut.

1.Orientasi

Pada bagian orientasi terdapat gambaran umum tentang peristiwa yang diceritakan pada sebuah novel sejarah.

2.Pengungkapan Peristiwa

Pada bagian ini disajikan peristiwa awal yang menimbulkan berbagai  masalah, pertentangan, ataupun keterlibatan berbagai situasi yang menyebabkan bertambahnya kesukaran tokoh.

3.Menuju Konflik (rising action)

Terjadi peningkatan perhatian,  kegembiraan, kehebohan, atau pun keterlibatan berbagai situasi yang menyebabkan bertambahnya kesukaran tokoh.

4.Komplikasi

Bagian ini menyampaikan berbagai permasalahan yang menimbulkan konflik.

5.Penyelesaian (resolusi)

Sebagai akhir cerita, bagian ini berisi penjelasan atau pun penilaian tentang sikap atau pun nasib-nasib yang di alami tokohnya setelah mengalami peristiwa puncak.pada bagian ini sering pula dinyatakan wujud akhir dari kondisi atau pun nasib akhir yang dialami tokoh utama.

6.Koda

Bagian ini berisi komentar terhadap keseluruhan isi cerita, yang fungsinya sebagai penutup. Komentar yang dimaksud bisa disampaikan langsung oleh pengarang atau dengan mewakili nya pada seorang tokoh. Bagian ini bersifat opsional, yaitu bisa disajikan atau tidak.

Baca Juga:

Tahap-Tahap Pertumbuhan dan perkembangan Tumbuhan

Nah jadi itu dia penjelasan mengenai seputar teks cerita masa lampau, Semoga bermanfaat see you next artikel .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *