faktor-faktor pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan
faktor-faktor pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan

Faktor-Faktor pertumbuhan dan perkembangan Tumbuhan

Posted on

Faktor Faktor pertumbuhan dan perkembangan Tumbuhan– Jadi kali ini kita mau membahas tentang faktor-faktor tumbuhan dan perkembangan tumbuhan nah biar nambah wawasan kalian nih jadi mari kita memahami juga tentang faktor-faktor tumbuhan dan perkembangan tumbuhan berikut ini. Pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan di pengaruhi oleh beberapa faktor .Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan dibedakan menjadi dua ,yaitu faktor dalam dan faktor luar. faktor  dalam merupakan faktor interasel dan intersel. Sedangkan faktor luar merupakan faktor lingkungan yang berasal dari luar.

1.Faktor dalam

faktor internal
faktor internal

Faktor dalam yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan berupa gen dan hormon.

  1. Gen

Gen bersifat hereditas, yaitu sifat dari induk yang diturunkan kepada anaknya.Informasi genetik akan mempengaruhi fenotipe atau penampakan fisik pada tumbuhan yang berinteraksi dengan lingkungan .

  • Hormon

Hormon merupakan zat pengatur tumbuh yang tersusun dari senyawa protein dan dihasilkan dari satu bagian tumbuhan . Pada konsentrasi tertentu dapat memacu pertumbuhan , sedangkan pada konsentrasi tinggi  dapat menekan pertumbuhan. Hormon yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan , antara lain asam absisats , giberelin , asam traumalin, auksin , gas etilin, dan kalin.

  1. Asam abisisat(ABA)

Asam abisisat(ABA) dapat ditemukan di jaringan nodus batang,buah masak, dan daun tua. Fungsinya ,antara lain menghambat pertumbuhan ,mendorong penutupan stomata saat kekeringan , dan mendorong dormansi biji.

  • Giberelin

Giberelin ditemukan oleh F.kurasawa (1926)yang diperoleh dan jenis jamur Gibberellanfujikuroi, parasit dan tanaman padi. Hormon giberelin  terdapat pada buah dan biji saat berkecambah dan menyerupai sifat hormon auksin.Fungsi hormon giberelin , antara lain membantu pembentukan tunas atau emberio, menghambat perkecmambahan rangsang perbungaan , dan pembentukan buah tanpa biji.

  • Asam traumalin

Asam traumalin berfungsi untuk memperbaiki luka pada tumbuhan .

  • Auksin

Auksin merupakan hormon pertumbuhan yang di temukan oleh F.W.Went pada tahun (1928). Senyawa tersebut di dapatkan pada ujung koleoptil kecambah Avena sativa (sejenis gandum). Selain itu, auksin juga di hasilkan pada ujung batang , tunas puncak, daun muda , dan buah yag sedang tumbuh. Hormon auksin mempunyai fungsi, antara lain merangsang pertumbuhan akar samping dan akar serabut,mempercepat aktivitas pembelahan sel kambium,serta membantu foto tropisme dan geotropisme.

  • Sitokinin

Ada dua jenis sitokinin  yaitu zeatin (sitokinin alami terdapat pada biji jagung)dan kinetin (sitokinin buatan).Hormon sitokinin memiliki fungsi membantu pembetukan tunas, merangsang pembelahan sel, menunda pengguguran daun, dan menghambat proses penuaan.

  • Gas etilin

Hormon ini di temukan di daun ,batang dan buah hijau.Gas etilin memiliki fungsi , antara lain merangsang pematangan buah, merangsang abisisi( pengguguran daun), dan membantu memecahkan dormansi.

  • Kalin

Hormon kalin berfungsi untuk pembentukan organ tumbuhan .Berikut jenis-jenis hormon kalin.

  1. Rhizokalin, memacu pertumbuhan akar.
  2. Kaulokalin , memacu pertumbuhan batang.
  3. Fitokalin , memacu pertumbuhan daun.
  4. Anthokalin, memicu pertumbuhan bunga.

2.faktor luar

Faktor luar yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan , sebagai berikut.

  1. Cahaya

Cahaya diperlukan dalam proses fotosintesis.Dalam proses fotosintesis, cahaya berpengaruh  langsung terhadap ketersediaan makanan. Tumbuhan yang tidak terkena cahaya tidak dapat membentuk klorofil , sehingga daun menjadi pucat.

  • Suhu

Pengaruh suhu terhadap fisiologi tumbuhan yaitu mempengaruhi kerja enzim.

  • Kelembapan udara

Pada umumnya tanah atau udara yang kurang lembap(airnya cukup)dapat menyebabkan tumbuhan menyerap banyak air dan mengurangi laju transpirasi (penguapan) sehinga pembelahan  dan pemanjangan  sel dapat terjadi secara optimum.

  • Air

Air dibutuhkan air untuk fotosintesis ,mengaktifkan reaksi-reaksi enzimatis, membantu proses perkecambahan biji, menjaga (mempertahankan)kelembapan transpirasi, meningkatkan tekanan turgor sehingga merangsang pembelahan sel , dan menghilangkan absisi.

  • Nutrisi

Nutrisis atau unsur hara merupakan senyawa kimia yang diambil dari dalam tanah dalam anion maupun kation yang berfungsi sebagai sumber materi untuk sintesis sel selama pertumbuhan.

Nah itu lah penjelasan tentang Faktor Faktor pertumbuhan dan perkembangan Tumbuhan semoga bermanfaat ya. See you Next Artikel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *